Miliki Tulang Sekuat Baja

Tulang itu....
Untuk membuatmu bisa bergerak, untuk melindungi organ vital tubuh seperti jantung, paru-paru, otak, hati dan lainnya. 90% dari tubuh kita memang berlindung pada tulang, oleh karena itu tulangmu harus kuat supaya organ-organ yang disangga pun menjadi kuat. Supaya tulang bisa kuat, maka mineral yang membangun tulang, yaitu kalsium juga mesti banyak tercukupi. Kalau kalsium dalam tulangmu banyak otomatis tulangmu menjadi padat. Banyaknya kalsium yang menyusun tulang itu tidak ada batasannya. Jadi semakin banyak, semakin padat dan kuatlah tulangmu. Kepadatan tulang dapat diukur dengan alat yang bernama "bone mineral density".

Kamu bisa membuat tulang sehat dan kuat mulai dari sekarang. Kebiasaan yang paling baik agar tulang menjadi kuat adalah minum susu paling tidak dua gelas setiap hari (kalo kamu takut jadi gemuk, pilihlah susu yang low fat), makan makanan berkalsium tinggi, seperti brokoli, kobis, lobak, bengkoang, alpukat, ikan teri, ikan sarden kalengan, produk olahan susu seperti keju, mentega, yogurt dan es krim. Dan yang tak kalah penting, kamu juga  harus rajin olahraga. Olahraga yang baik untuk membentuk tulang adalah olahraga yang membebani tulang, seperti jalan kaki, tennis, badminton, dansa, mendaki gunung, basket, voli, dll. Olahraga seperti berenang, bersepeda, fitness bukan untuk membantu menambah kepadatan tulang tetapi untuk memperkuat otot jantung.

Satu hal yang tidak kalah penting dalam pembentukan tulang ialah peranan vitamin D. Tanpa vitamin D, kalsium yang kamu makan akan sulit diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, dianjurkan untuk selalu bersentuhan dengan sinar matahari pagi paling tidak 30-60 menit dalam setiap minggunya.

Siklus pembentukan tulang dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap Pertama, usia 0-20 tahun. Di tahap ini tulangmu mengalami pertumbuhan sangat pesat. Sangat dianjurkan pada usia ini untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium, minum susu dan rajin olahraga. Tahap Kedua, usia 20-30 tahun. Di usia ini tulangmu tidak lagi berkembang, tapi kepadatannya masih bisa bertambah. Karena itu, jangan bosan melakukan olahraga, jangan berhenti minum susu dan ikuti pola hidup sehat. Di usia 30 tahun tulangmu sudah tidak bisa menambah kepadatannya lagi. Tahap Ketiga, di atas 30 tahun ke atas, kepadatan tulang mulai menyusut karena banyak kalsium yang dipergunakan untuk membangun tulang yang rusak, sementara kecepatan perusakannya tidak dibarengi dengan kecepatan memperbaikinya, jadi seandainya di saat masih muda kamu tidak banyak menabung kalsium, maka tulangmu akan cepat mengalami pengeroposan atau osteoporosis. Osteoporosis ini merupakan 'a silent disease', karena prosesnya bertahun-tahun dan tidak menimbulkan rasa sakit, jadi tiba-tiba saja akan merasa sakit. Dan penyakit ini hampir tidak dapat disembuhkan. Oleh karena itu, tabung kalsium sebanyak-banyaknya mulai dari sekarang agar tua nanti kamu tetap bisa lincah bergerak.

INFO PLUS
  • Wanita lebih riskan terkena osteoporosis daripada laki-laki.
  • Wanita Asia mempunyai kepadatan tulang lebih rendah dibandingkan dengan wanita berkulit hitam. Artinya wanita Asia lebih mudah terkena osteoporosis.
  • Remaja yang suka olahraga punya kepadatan tulang yang lebih tinggi daripada yang tidak suka olahraga. Kekurangan kalsium di usia remaja akan meningkatkan resiko patah panggul di usia senja.
  • Di AS, dari sekitar 10 juta penderita osteoporosis, 8 juta diantaranya perempuan. (US Departement of Health and Human Service)
  • Tahun 2050 di Asia, diperkirakan lebih dari 50% penderita osteoporosis akan mengalami patah panggul. (International Osteoporosis Foundation)


0 Response to "Miliki Tulang Sekuat Baja"

Posting Komentar

Pages