Yang Disukai ALLAH...

“Sesungguhnya Allah itu wangi dan menyukai wewangian, bersih dan menyukai kebersihan, pemurah dan menyukai kemurahan, baik hati dan menyukai kebaikan hati. Oleh karena itu, bersihkanlah kamar mandi kalian dan jangan seperti yahudi yang tidak pernah membersihkan kamar mandi mereka.”
(HR At Tirmidzi)

wangi, bersih, pemurah dan baik hati
itu beberapa sifat dan ciri khas yang harus dimiliki seorang muslim….
tapi tidak berlaku bebas bagi seorang muslimah, ada beberapa batasan yang perlu diperhatikan…
kita bahas ya…

WANGI

Siapa orang yang tidak suka dekat-dekat dengan orang yang wangi, tentunya tidak ada bukan?? Sepertinya bukan hal yang perlu dipusingkan soal ini, tapi ini bisa menambah rasa percaya diri seseorang saat tampil dan bergaul dengan orang-orang saat berada di dekat mereka. Berbicara tentang bau badan, setiap orang memiliki masalahnya masing-masing, ada yang berbau mencolok ada juga yang tidak, sebenarnya ada banyak factor yang mempengaruhi, diantaranya kondisi badan yang kurang fit, kebersihan badan (hayoooo yang males mandi, hati-hati… ><), atau memang produksi keringat di badan yang berlebih karena kegiatannya atau ada kelainan terhadap kelenjar keringatnya.

 Wewangian adalah salah satu penolong bagi mereka yang tidak pede dengan bau badannya. Bagi seorang muslim disunnahkan memakai wewangian saat hendak melakukan shalat, khususnya shalat Jum’at, sedangkan bagi muslimah ada larangan tidak boleh  memakai wewangian saat keluar rumah.
Nah lho gimana tu?? padahal aku suka bawa-bawa parfum kemana aja… gak boleh ya??
Larangan ini dilandasi karena jika dilakukan dikhawatirkan akan menimbulkan fitnah dan mengundang hal-hal yang tidak baik, dilihat dari pergaulan muslim dan muslimah yang terbuka. Namun sebenarnya semua itu kembali kepada niat kita saat memakai wewangian tersebut, dan juga jangan terlalu berlebihan dalam memakainya. Bagi muslimah pilihlah wewangian yang beraroma lembut saat ingin keluar rumah agar tidak terlihat mencolok wanginya.
Bau wangi semoga menambah percaya diri, tapi jangan lupakan potensi karena itu juga harus kita miliki… tetap semangat dan tersenyumlah… :)

BERSIH

“Kebersihan sebagian dari Iman” ingat kan teman-teman… salah satu hadits ini juga mengingatkan kita bahwa jika mengaku sebagai orang yang beriman seharusnya kita bisa selalu menjaga kebersihan. Banyak sekali keuntungannya jika kita selalu menjaga kebersihan, karena tidak ada hal baik yang berpengaruh buruk, jika ada yang terjadi mungkin saja itu karena memang ada hal yang  salah dari hal baik yang kita lakukan.

Bersih menjadikan lingkungan nyaman dan juga berpengaruh bagi kesehatan penghuninya. Sebagai seorang muslim/ muslimah, kita sudah dibiasakan untuk selalu menjaga kebersihan dengan kebiasaan berwudhu yang selalu kita lakukan sebelum melaksanakan ibadah shalat. Dalam arti fisik, berwudhu itu hanyalah membasuh beberapa anggota badan kita yang wajib dibasuh sebagai syarat sahnya shalat, tapi jika kita maknai di setiap basuhan yang kita lakukan itu, merupakan langkah awal yang melandasi kekhusyukan kita ketika kita shalat.

Tempat yang bersih, pastilah disukai, tapi kenapa terkadang bersih-bersih kog malas ya… padahal jika diniatkan ibadah bisa berpahala lho… hayooo… teman-teman mulai sekarang dimana pun kita berada jangan lupa selalu jaga kebersihan ya… biar malaikat selalu mengikuti, karena yang kotor itu kan teman setan bukan… hehehe… :D
ayoo… Jaga Kebersihan… gak ada ruginya lho!!!

PEMURAH

Berbicara soal pemurah, bukan soal berdagang lho yang kita bahas… hehehe… :D
Pemurah, salah satu sifat hati manusia ini adalah ia yang selalu mendahulukan kepentingan orang lain dan kebaikan apa yang ia lakukan tidak pernah ia perhitungkan karena dalam hatinya apa yang ia lakukan adalah baik dan memang apa yang harusnya ia lakukan.

Sifat ini akan muncul pada diri mereka yang menyadari bahwa setiap manusia itu wajib berbuat baik pada setiap orang, tak perlu memperhitungkan kebaikan-kebaikan  apa yang telah ia berikan karena hanya kebaikan dari Tuhannya lah yang ia cari.

Mungkin orang-orang seperti ini akan terlihat seperti orang yang lemah tetapi tahukah bahwa sesungguhnya sifat itulah kekuatannya yang terbesar…

BAIK HATI

“Dalam diri setiap insan terdapat segumpal darah, jika darah itu baik maka baiklah seluruhnya, jika darah itu buruk maka buruklah seluruhnya, dan segumpal darah itu adalah hati”

Sungguh peran hati bagi pemiliknya sangatlah besar. Maka tidak salah jika ada lagu yang menyarankan kita untuk menjaga hati, bahkan katanya hati itu cahaya Illahi yang akan menjadi lentera perjalanan hidup pemiliknya. Dahsyatttttt…. “The power of  Heart”

Kebaikan hati akan muncul jika pemiliknya selalu menjauhkannya dari segala prasangka yang dapat mengotorinya, selalu membawanya dekat dengan Sang Pencipta. Walaupun manusia adalah makhluk yang sempurna, tapi tetap memiliki ketidaksempurnaan. Sulit bagi manusia yang memiliki dua remote control yang diharuskan untuk saling berkoordinasi, yaitu hati dan akal. Terkadang akal mengikuti hati, tapi dilain waktu akallah yang memimpin.

Tapi rasa kemanusiaan terlihat karena manusia memiliki hati bukan karena akalnya. Segala sikap yang muncul dari diri manusia bersumber dari hati mereka yang memiliki perasaan atas apa yang mereka lihat, yang kemudian ia sampaikan pada akalnya hingga timbullah dorongan yang membuat manusia mengambil tindakan.
Agar segala tindakan kita baik, jaga hati kita untuk selalu dalam kondisi baik.

Hatimu adalah jiwa keduamu, jagalah ia agar manusia tidak kehilangan jiwa manusianya.  


==jika ada kebaikan dari artikel ini, sesungguhnya itu dari Allah SWT, mohon maaf masih banyak kekurangan yang itu dari keterbatasan saya, dan terima kasih untuk yang sudah membaca artikel ini, jika berkenan mohon tinggalkan komentar ya… :)==

1 Response to "Yang Disukai ALLAH..."

  1. DeAriani says:
    22 Juli 2011 pukul 11.25

    Hai jg...
    Alhamdulillah kabar baik... :)
    sebelumnya terima kasih sudah mampir, hehehe...

    senang bisa berbagi, Insya Allah nanti mampir juga di halamannya... oiya, jangan lupa difollow ya...
    terima kasih...^_^

Posting Komentar

Pages